03 April 2014

Menamkan jiwa disiplin terhadap peserta didik melalui Ekskul PBB

Alhamdulillah berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, hari ini telah dimulainya kembali kegiatan rutin ekskul Paskibra MTs. Negeri Slawi Kab. Tegal. Kegiatan yang diikuti oleh 3 siswa putra dan 15 siswa putri ini lebih menekankan kepada materi-materi dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB).

 

Menurut instruktur dari SMK Peristek Pangkah, yaitu Mas Muhamad Pandu Winarto dan Mas Amin Khoerudin, PBB kali ini masih mempraktekkan materi dasar berupa sikap sempurna, aba-aba, hadap kanan hadap kiri, belok kanan dan belok kiri, jalan di tempat dan istirahat di tempat serta materi dasar lainnya.

Kalau tadi saya cermati, antusiasme peserta cukup tinggi, karena memang diselingi dengan candaan dan gurauan supaya tidak cepat bosan. Selain itu menurut penuturan dari Mas Pandu, bahwa kali ini yang bersangkutan masih belum bisa memberikan disiplin yang ketat layaknya PBB yang sesungguhnya, karena memang dikembalikan ke Nalarnya anak-anak. Apakah dia mau sungguh-sungguh ikut atau sekedar menggugurkan kewajiban keikutsertaannya dalam kegiatan ini alias yang penting hadir.

 

Ketika ditanya tentang pengaruh PBB terhadap kedisiplinan anak. Dengan mimik yang serius tapi santai, mas pandu memberikan pandangan dengan pengalaman serta apa yang dialaminya hingga sekarang. Bahwa kegiatan PBB berdampak positif terhadap kedisiplinan anak. Mulai dari setiap kesehariannya yang “berasa” sedang PBB, serta fokus dan semangat dalam kegiatan belajar mengajar, hingga sikap menghargai terhadap sesama.

Dengan penuh semangat, Mas Pandu menceritakan pengalamannya ketika masih berada di bangku sekolah. Saat itu dirinya dipanggil oleh seorang guru, dan secara refleks mempraktekkan dengan sikap sempurna sambil menghentakkan kaki dan berteriak “SIAPP!” layaknya sedang PBB. Ah ada-ada saja ya mas...

 

Lalu di akhir pembicaraan, saya bertanya apa pesan terhadap peserta kegiatan kali ini?. Dan dengan tatapan mata yang memandang jauh sekali (entah kemana), mas pandu berpesan kepada semua adik-adik peserta untuk tetap semangat dan fokus, tetap semangat dan fokus tetap semangat dan fokus. Insya Allah hari esok kan lebih baik. Wahhh superrrr sekali mas pandu ini.

Oke. Demikian yang bisa saya laporkan dari kegiatan di sore yang sedu sedan dan melankolis ini. Monggo...

 

Slawi, 3 April 2014.

Foto: dukumen pribadi.


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment